5 Jajanan Sunda Populer Ini Berawalan Ci

Jadi fans jajanan Sunda, kita tentu tidak asing dengan jajanan berawalan kata Ci-. Jajanan itu dibuat berbahan fundamen tepung kanji atau dalam bahasa Sunda disebutkan “aci”. Memiliki tekstur kenyal, rasa gurih, serta dapat ditambah lagi bumbu pedas membuat jajanan yang dibuat dari aci ini benar-benar disukai oleh anak- anak atau dewasa. Lantas, apapun jajanaan Sunda yang berawalan Ci- ini?



1. Cilok

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Cilok atau Aci dicolok ialah jajanan yang dibuat dari tepung kanji. Memiliki bentuk bundar, dapat dikasih isi daging, telur atau bawang goreng. Umumnya dibikin dengan dikukus, tetapi saat ini ada pula cilok yang dibikin dengan digoreng atau biasa disebutkan cigor. Sesudah dikukus atau digoreng cilok ini dibumbui sambal kacang, saus serta kecap. Lantas di tusuk memakai lidi.

2. Cireng

Cireng ini tidak kalah dengan cilok. Ke-2 makanan ini masih eksis dari dahulu sampai saat ini. Cireng kependekan dari aci digoreng. Sesuai namanya, cireng ini dibikin dengan digoreng. Dahulu, cireng cuma diberikan dengan bumbu saus, tetapi saat ini cireng mempunyai banyak variasi seperti cireng isi daging ayam, sosis, atau abon. Bumbu nya juga saat ini dapat menggunakan bumbu rujak

3. Cimol

Cimol kependekan dari Aci digemol. Sama juga dengan cireng, cimol dibikin dengan digoreng. Namun, bentuk cimol bundar serta kecil seperti kelereng. Diberikan dengan bumbu atom serta bubuk cabai meningkatkan nikmat rasa cimol ini.

4. Cibay

Cibay atau aci ngambay dibuat dari aci yang dibungkus dengan kulit lumpia lantas digoreng. Citarasa cibay yang renyah di luar serta lembut di dalam membuat lidah kita bergoyang. Cibay ini semakin enak disantap hangat-hangat dengan cocolan sambal pedas.

5. Cilung

Cilung atau aci digulung- gulung ini dibuat dari Aci yang digabung dengan telur, digoreng sesaat selanjutnya digulung dengan menggunakan tusukan dari bambu. Umumnya diberikan dengan saus pedas atau bubuk cabai abon.

Post a Comment

0 Comments